ProtonMail Email Paling Aman Dengan Enkripsi

Posted by eTulisan at 0:00 AM

Tags: ,

Pada tutorial kali ini saya akan berbagi cara membuat email baru dari protonmail yang di klaim email paling aman dan tidak bisa diintip oleh badan intelijen Amerika sekalipun. Di era digital seperti sekarang ini email merupakan salah satu media komunikasi yang masih banyak digunakan hingga saat ini untuk sekedar berkomunikasi atau bahkan bertukar informasi yang sifatnya rahasia. Mungkin sebagian besar orang sampai saat ini masih beranggapan bahwa layanan email ataupun layanan internet lain yang digunakan selama ini sudah cukup aman untuk melindungi kerahasiaan data dan privasinya dari pihak lain. Pemikiran itu akan berbeda jika sudah membaca beberapa tulisan di internet mengenai bocoran dari seorang mantan karyawan kontraktor untuk NSA (badan keamanan nasional Amerika Serikat) Edward Snowden, yang menyebutkan bahawa lembaga pemerintahan tersebut tidak hanya menyadap para pemimpin dunia saja, namun diketahui juga menyadap data Yahoo dan Google.

Siapakah Edward Snowden?

Seperti dikutip dari situs id.wikipedia.com

“Edward Joseph Snowden (lahir 21 Juni 1983) adalah mantan kontraktor teknik Amerika Serikat dan karyawan Central Intelligence Agency (CIA) yang menjadi kontraktor untuk National Security Agency (NSA) sebelum membocorkan informasi program mata-mata rahasia NSA kepada pers. Snowden membocorkan informasi rahasia seputar program-progam NSA yang sangat rahasia seperti PRISM kepada The Guardian dan The Washington Post pada Juni 2013. Snowden mengatakan bahwa pembocoran PRISM dan perintah FISA terkait dengan aksi pengambilan data oleh NSA bertujuan mengungkapkan apa yang ia yakini sebagai tindakan berlebihan oleh pemerintah untuk memantau aktivitas warga Amerika Serikat.”

Terkuaknya fakta mengenai penyadapan tersebut agaknya menyadarkan kita untuk lebih selektif dalam memilih berbagai layanan Online juga lebih peduli dengan privasi dan hak-hak kita sebagai pengguna internet. Snowden juga menyarankan untuk tidak menggunakan layanan seperti google, dropbox dan facebook. Pada artikel kali ini saya akan berbagi informasi mengenai sebuah layanan email paling aman yang belum lama ini di launching yaitu Protonmail.

Sekilas Tentang ProtonMail

ProtonMail yang dibuat sejak 2013 oleh tim pengembang kecil dan sistem administrator lulusan Massachusetts Institute of Technology, Harvard University, Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) dan institusi lainnya, mengembangkan layanan email ini dan sedang diuji coba (BETA). Layanan dari protonmail diklaim email paling aman yang kebal dari penyadapan bahkan dari dinas intelejen Amerika Serikat sekalipun.

Kelebihan dan Fitur ProtonMail

Apa yang membuat email ini sangat aman? ProtonMail diproduksi di Swiss. Sebagaimana diketahui, Swiss merupakan negara yang memprioritaskan keamanan privasi. Di negara itu, undang-undang privasi untuk individu dan bisnis berlaku sangat kuat. ProtonMail menggunakan metode enkripsi end-to-end yang sehingga ProtonMail sendiri tidak bisa mendapatkan data penggunanya.
Dengan menggunakan ProtonMail selain kita dapat berikirm email antar sesama pengguna ProtonMail dengan aman kita juga bisa berkirim email dengan akun email populer seperti yahoo, gmail dan lainnya. Selain itu ProtonMail juga menawarkan fitur email yang bisa “rusak” dalam jangka waktu tertentu sperti snapchat. Akun ini menawarkan kapasits penyimpanan untuk versi gratis sebesar 500MB sedangkan untuk menambah kapasitas dan fitur akan ada opsi berbayar.
Sampai saat ini ProtonMail hanya bisa diakses dengan menggunakan browser dan dapat berjalan dengan baik pada mobile browser, kedepannya tidak menutup kemungkinan ProtonMail bisa diakses melalui aplikasi smartphone atau aplikasi pihak ketiga seperti outlook.

Bagaimana Cara Membuat Email Baru ProtonMail?

Untuk cara membuat email baru dari ProtonMail sangat mudah, dengan mengakses website https://protonmail.ch selanjutnya kamu harus mengisi nama email yang kamu inginkan misal etulisan@protonmail.com kemudian masukan email yang akan digunakan untuk menerima email pemberitahuan kalau email kamu sudah bisa digunakan. Ya, untuk membuat akun ProtonMail memang harus menunggu invite kira-kira 2 minggu sampai dengan 1 bulan sejak kamu mengisi form Request Invite. Sekarang kamu hanya perlu bersabar sedikit untuk menunggu hingga ada email notifikasi yang berisi link untuk mengaktifkan email dari protonmail. Demikian langkah mudah cara membuat email baru dari Protonmail. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *