Apple Store Melarang Penggunaan Emoji Sebagai Ikon Aplikasi

Posted by eTulisan at 2:04 AM

Tim lihat di App Store lagi menerbitkan aturan yang dirasa berat sebelah untuk para pengembang. Yaitu melarang pemanfaatan Emoji sebagai ikon atau bagian dari screenshot aplikasi. Hal ini dialami oleh Sam Eckert dikala merilis update untuk aplikasinya.

Dikutip dari Tweet Sam, pihak App Store Review mengatakan bahwa gambar Emoji buatan Apple cuma boleh digunakan untuk bagian yang sanggup diketik oleh pengguna. Seperti mode membalas pesan atau bagian lain yang melibatkan pemanfaatan keyboard.

Namun di sisi lain, Sam berpendapat bahwa aturan ini tidak berlaku untuk seluruh pihak. Contohnya aplikasi Instagram, masih memakai Emoji di screenshot aplikasinya sebagai bagian dekorasi dari gambar, tidak melibatkan langkah penggunaan

Dalam laman sumber berita termasuk disebutkan, Apple tidak pernah mengakibatkan catatan spesifik di App Review Guidelines untuk penggunana Emoji. Nampaknya pihak App Store Review lebih tekankan kepada pelanggaran hak cipta gambar yang dimiliki oleh Apple – lisensi Emoji.

Jika sebenarnya aturan baru ini formal digunakan oleh Apple, mustinya seluruh pengembang di App Store bakal beroleh kebijakan yang sama. Atau paling tidak Apple mesti menuliskan langkah pemanfaatan Emoji yang pas di laman App Review Guidelines supaya sanggup dibaca oleh seluruh pihak.

Di sisi pengembang aplikasi, memakai Emoji adalah solusi praktis dan murah sebagai langkah memberi tambahan sentuhan visual lebih menarik di aplikasi. Nantinya kecuali aturan baru tersebut secara formal melarang pemanfaatan Emoji, para pengembang aplikasi mesti mengeluarkan budget tambahan untuk membayar desainer emoji atau memakai emoji pihak ketiga.

Sumber : makemac.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *